Cara Meningkatkan Kosakata Berbahasa Inggris untuk Orang Dewasa

Mahir berbahasa Inggris haruslah meliputi kemampuan berbicara (speaking), membaca (reading) dan kemampuan menulis (writing). Semua komponen tersebut sangat bergantung pada luasnya pembendaharaan kosa kata yang dipunyai seseorang.

Kosa kata memegang peranan yang sangat penting. Bahkan bisa disimpulkan apabila seseorang ingin memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni, maka harus menghafal banyak kosa kata. Jika ingin melakukan tes TOEFL, IELTS atau berbagai macam jenis tes uji kompetensi bahasa Inggris lainnya, kosa kata pasti memainkan peranan untuk mendapatkan poin yang besar. Untuk itu, memperkaya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki menjadi suatu keharusan dan berikut adalah pemaparan tiga hal yang harus diketahui dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris:

  1. Jumlah kata yang harus dipelajari
  2. Cara meningkatkan pembendaharaan kosakata
  3. Manfaat pengulangan

Jumlah kata yang harus dipelajari

Kira-kira berapakah jumlah kata yang penting untuk dipelajari? Atau berapa jumlah kata yang perlu dihafal agar seseorang layak disebut mahir berbahasa Inggris?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mengetahui beberapa fakta penting yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat kaya akan perbendaharaan kosakata. Diprediksi kosakata yang ada pada bahasa Inggris mencapai sekitar 2 juta kata lebih. Perbendaharaan kosakata bahasa Inggris orang dewasa umumnya mencapai kisaran 100,000 tergantung dari tingkat pendidikannya. Seorang ilmuwan rata-rata bisa mencapai 150,000, sedangkan mahasiswa rata – rata mencapai sekitar 60,000 sampai 100,000 kata.

Dengan jumlah sebanyak itu tidaklah mungkin untuk menghafal semua kosakata berbahasa Inggris. Untuk mencapai rata-rata orang dewasa penutur asli bahasa Inggris perlu waktu sampai 8 tahun. Itupun jika mau menghafal 10 kata sehari tanpa pernah lupa. Walaupun demikian perlu diketahui bahwa jumlah kata yang disebutkan diatas sebagian besar adalah kata yang hanya perlu diketahui secara pasif saja  (recognition vocabulary) yaitu sebuah kata yang hanya di mengerti saja ketika sedang membacanya atau mendengarkannya saja.

Dan pada umumnya kata – kata jenis recognition vocabulary ini adalah kata – kata yang dimiliki seseorang lebih banyak dari pada perbendaharaan kata yang aktif (productive vocabulary), yaitu kata-kata yang digunakan pada saat berbicara ataupun menulis. Menurut ahli, kosa kata yang digunakan manusia setiap harinya berkisar sejumlah 2000 kata.

Cara Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan perbendaharaan kata. Anda bisa mempelajarinya dengan mengkelompokkan kata berdasarkan topik seperti makanan, pakaian, kesehatan, industri, alat transportasi, profesi dan berbagai hal lainnya. Ada juga yang kemudian menuliskannya berulang – ulang lalu menghafalnya. Selain itu ada yang menghafalnya dengan menggunakan kartu – kartu kecil yang memuat kata dalam bahasa Inggris dan terjemahannya. Cara ini bisa dibilang cukup baik dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris. Selain itu ada juga beberapa tips lain untuk meningkatkan perbendaharaan.

Meningkatkan kosa kata bahasa Inggris dengan memanfaatkan konteks

Sebagian besar kata dalam bahasa Inggris memiliki beberapa arti yang berbeda dan tergantung pada pemakaian kalimatnya. Salah satu strategi yang bisa diterapkan dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan memanfaatkan konteks yang digunakan. Ketika Anda melihat konteks, Anda bisa mengerti bagaimana suatu kata dipakai dan diartikan.

Sebagai contoh ketika kita membuka kamus dan mencari kata tender ada setidaknya 4 arti kata tender dalam kamus.

Coba perhatikan kalimat berikut ini :

 

  1. The meat is tender (daging itu lunak)
  2. He has a tender heart (dia berhati lembut)
  3. He got married at a tender age (dia menikah di usia muda)
  4. He sent a tender for the new bridge (dia menyerahkan penawaran untuk jembatan baru itu)

 

  1. Meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Inggris dengan cara menguraikan kata

Pada umumnya bahasa Inggris terdiri dari 3 unsur yaitu akar kata, awalan dan akhiran. Ketiga unsur tersebut memegang peranan penting sebagai penentu suatu kata. Menurut para ahli ketika seseorang mempelajari akar kata dan awalan maka seseorang akan mampu menambahkan perbendaharaan kosa kata sampai 25,000 kata. Sebagai contoh kata progress yang terdiri dari awalan kata pro dan gress yang berarti bergerak atau melangkah, sehingga progress bisa di artikan sebagai kemajuan atau berkembang. Kemudian dari akar kata gress juga bisa di buat beberapa bentuk kata seperti congress, digress, egress, regress, retrogress dan transgress. Dari perbedaan tersebut kita bisa mencari arti masing – masing kata sebagai berikut:

 

  • Con (dengan, bersama): congress = maju bersama
  • E (diluar): egress = melangkah keluar
  • Di (dua): digress = menyimpang
  • Re(kembali): regress = mundur
  • Retro (ke belakang): retrogress = mundur
  • Trans (melewati): transfgess = melangkah

jika awalan kata berguna untuk menentukan arti, maka lain halnya dengan akhiran kata yang berguna untuk menentukan fungsi dari suatu kata dalam kalimat. Misalnya akhiran ion yang mengubah kata kerja digress menjadi kata benda seperti digression, dan akhiran ive membentuk kata itu menjadi kata sifat digressive yang akhirnya bisa juga menjadi kata keterangan digressively jika kata sifat ini di tambah akhiran –ly.

Cara meningkatkan kosakata bahasa Inggris dengan pengulangan

Mengetahui teori cara belajar bahasa Inggris saja tidaklah cukup. Karena yang baik adalah jika bisa mempraktekkan teori yang telah diajarkan. Perlu diketahui bahwa bahasa Inggris adalah tentang kebiasaan. Sehingga perlu untuk terus menerus dipraktekkan. Atau dengan kata lain, semua kosakata yang telah dihafal tidak akan ada artinya apabila Anda tidak mencoba memakainya dalam percakapan yang rutin dilatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *